Pelatihan literasi Bahasa Inggris SD yang diselenggarakan pada tanggal 10 Desember 2016 oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan merupakan bentuk nyata pengabdian masyrakat oleh dosen-dosen di lingkungan FKIP. Pelatihan ini terdiri dari tiga sesi.  sesi pertama adalah sosialisasi tentang gerakan literasi sekolah (GLS) di SD yang disampaikan oleh Ibu Fitria Wulandari, M.Pd. selama kegiatan berlangsung para guru mendapatkan gambaran bahwa minat baca siswa di Indonesia masih rendah dan untuk meningkatkan motivasi membaca siswa, pihak sekolah termasuk seorang guru diharapkan bisa memfasilitasi bahan literasi siswa termasuk pada kegiatan 15 menit membaca sebelum pelajaran dimulai.

Sesi kedua adalah pelatihan tentang literasi bahasa inggris SD yang di sampaikan oleh Ibu Fika Megawati, M.Pd. Pada kegiatan ini para guru diberi wawasan tentang bagaimana materi literasi bahasa inggris yang sesuai dengan siswa SD pada tingkat awal dan tinggi. selain itu pemateri juga menerangkan pentingnya untuk memotivasi siswa agar dapat memperkaya bahan literasi mereka, tidak hanya yang berbahasa Indonesia tetapi juga yang berbahasa Inggris karena saat ini bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang paling sering digunakan dalam komunikasi. pada sesi ini pemateri memaparkan bahwa salah satu media literasi yang dapat digunakan untuk mendukung GLS di SD adalah BIG BOOK, setelah itu dilanjutkan materi mengenai pentingnya sarana READING CORNER yang efisien dan dapat menyimpan literasi siswa di dalam kelas dengan rapi.

Sesi ketiga adalah praktek pembuatan media literasi BIG BOOK. setelah panitia pelatihan menyiapkan bahan yang diperlukan, para guru mendesain letak gambar dan memasukkan materi bahasa Inggris yang sesuai gambar pada kertas yang berukuran besar. para guru sangat antusias mengikuti kegiatan ini. sambil mengerjakan para guru juga berbagi pengalaman tentang pelaksanaan pembelajaran bahasa inggris di kelasnya sekaligus meminta saran pemateri terkait dengan cara peningkatan minat baca siswa terutama literasi bahasa Inggris.