Tujuan fakultas merupakan penjabaran dari visi dan misi yang mencakup deskripsi tentang kompetensi lulusan, dan mutu lulusan yang dihasilkan. Tujuan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMSIDA adalah sebagai berikut:

  1. Mencetak sarjana pendidikan yang memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional
  2. Terlaksananya kegiatan pembelajaran sesuai dengan indikator pencapaian standar nasional pendidikan tenaga kependidikan, yakni standar isi kurikulum, tenaga dosen, proses perkuliahan, sarana dan prasarana, pengelolaan manajemen (manajemen akademik, kelembagaan, personalia), pembiayaan, dan penilaian hasil pembelajaran.
  3. Terlaksananya kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang professional dalam bidang pendidikan.
  4. Terwujudnya lembaga dan sistem kelembagaan FKIP untuk mendukung kebutuhan pelayanan dan pencapaian standar nasional kompetensi kelulusan calon  pendidik dan tenaga  kependidikan.
  5. Adanya standar kompetensi  calon tenaga pendidik dan kependidikan yang berkarakter dalam rangka menghasilkan output lulusan yang sesuai dengan standar kompetensi pendidikan nasional.
  6. Terwujudnya kerja sama yang sinergis antar LPTK, dengan pengelola pendidikan daerah, dan semua jenjang dan jenis sekolah dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga kependidikan, baik secara kuantitas maupun secara kualitas.
  7. Terwujudnya jaringan sistem informasi teknologi dan sistem manajemen internal dan eksternal LPTK untuk keperluan komunikasi dan kegiatan manajerial antar LPTK.
  8. Terlaksananya program pendataan manajemen akademik dan kemahasiswaan dengan memanfaatkan sistem informasi teknologi dalam rangka penyiapan data pendukung pelayanan administrasi akademik kepada komunitas akademik, kebutuhan fakultas serta masyarakat.
  9. Terwujudnyaforum-forum komunikasi akademik dan forum diskusi dalam rangka mendorong pengembangan budaya akademik, sikap, dan kepribadian calon pendidik dan tenaga kependidikan yang bermutu dan berkarakter.