Pemberian beasiswa kepada mahasiswa yang berprestasi tetapi secara ekonomi/finansial kurang mampu dalam bentuk beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), kepada mahasiswa yang berprestasi (IPK > 3,00) dan aktif dalam organisasi kemahasiswaan. Beasiswa Bantuan Biaya Pendidikan (BBP) kepada mahasiswa yang membutuhkan (kurang mampu). Beasiswa dari LazisMu untuk prestasi di bidang non akademik.
Pelaksanaan:
1. Beasiswa kader di berikan keringanan DPP dengan ketentuan nilai raport 7,5 dimana untuk lulusan SMA Negeri dan swasta keringanan 15% dari DPP dan untuk lulusan SMA Muhammadiyah keringanan 25% dari DPP, keringanan 15% dari DPP bagi calon mahasiswa yang mempunyai saudara kandung yang berstatus aktif kuliah di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
2. Beasiswa PPA dan BBM ini diberikan kepada mahasiswa yang memenuhi syarat sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh Kopertis Wilayah VII, dilaksanakan setiap tahun akademik, melalui seleksi. Seleksi dilakukan di tingkat fakultas, dengan memperhatikan persyaratan. Mahasiswa mengajukan permohonan beasiswa kepada Kaprodi dengan melibatkan dosen wali untuk melakukan seleksi calon penerima beasiswa.