Prodi Pendidikan PAUD Umsida berhasil meraih juara 1 dalam lomba Alat Peraga Edukatif (APE) dalam Event Gempita 2018 yang dilaksanakan oleh PG PAUD Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Acara tersebut mengangkat tema “Nusantara: Menumbuhkan rasa cinta terhadap kebudayaan bangsa dan tanah air Indonesia yang dipresentasikan 24 November 2018. Dalam lomba tersebut, Umsida mengirimkan 3 tim yakni 2 Tim dalam Lomba APE dari semester 5 dan semester 7  serta 1 tim lomba Tari dari semester 5.

Menghadirkan Alat Peraga Edukatif yang diberi nama AMAZON, Tim 1 Alat Peraga Edukatif Umsida yang terdiri dari Ummu Zakiyyah Erika Izzatul Aini dan Widya Swastika ini mengusung konsep Maze, yakni menjalankan pesawat sesuai jalurnya ke pulau pulau di Indonesia untuk kemudian dikenalkan dengan makanan khas, baju adat hingga hewan endemic wilayah tersebut. Sedangkan di Tim 2 yang terdiri dari Try Nur Aliyah, Narinta Dwi Agustin, dan Nur Syamsiyah menghadirkan Alat Peraga Edukatif yang diberi nama Marmain Gurita (Mari Main Di Panggung Indah Nusantara).

“Bukan sekedar singkatan, nama yang kami berikan untuk Alat Peraga Edukatif ini memiliki filosofi tersendi loh,” ujar Try Nur Aliyah. Mahasiswa semester 5 ini menambahkan, gurita sengaja dipilih sebagai nama untuk Alat Peraga Edukatif mereka karena gurita merupakan hewan invertebrate yang paling cerdas diantara hewan sejenisnya serta dianggap mampu memecahkan masalahnya sendiri.

Dengan mengusung konsep puzzle dan panggung sosiodrama, diharapkan anak anak Indonesia memiliki rasa ingin tau yang tinggi dan semakin mudah mempelajari kebudayaan Indonesia yang sesuai dengan 6 aspek perkembangan anak. Serta telah dikemas dalam bentuk belajar sambil bermain melalui peran peran yang dihadirkan dalam APE tersebut.

“Awalnya kami berencana membuat karya dengan konsep transportasi dari barang barang bekas. Namun, setelah diberikan arahan dari dosen pembimbing untuk lebih menyesuaikan lagi dengan tema yang disyaratkan, akhirnya kami banting setir dan mulai memikirkan ide baru hingga larut malam,” ujarnya. Ditengah kuliah, magang 2 dan mengajar, para mahasiswa cantik ini tetap semangat mempersiapkan bahan bahan untuk karya mereka yang bahkan tidak jarang harus pulang hingga larut malam ditemani Kaprodi dan Dosen Pembimbingnya. Tidak disangka, rupanya perjuangan mereka membuahkan hasil yang memuaskan.

Kaprodi Pendidikan Guru PAUD, Choirun Nisak Aulina MPd yang akrab disapa Lina mengaku bangga dengan prestasi yang ditorehkan mahasiswanya. Berkat semangat yang luar biasa, hasil yang diraihpun sangat membanggakan. Senada dengan Lina, Luluk Iffatur Rocmah SS MPd selaku dosen pembimbing mengatakan, “Bangga sekali, namun kebanggaan ini juga tak kalah besarnya bagi semua mahasiswa yang sudah ikut berpartisipasi dalam mengikuti lomba APE dan Lomba tari yang dibawakan oleh  Vira Aulia Fariska, Soraya nur fitri, Vita fatimatuz zahroh, Alfun nisa’ ahlul jannah, Auli rizkia rohmah yang juga masuk  10 besar. Paling tidak mahasiswa sudah mau dan berani menunjukkan kemampuan dan kreativitas mereka di luar lingkungan Umsida,” pungkasnya. Luluk Iffatur Rocmah menambahkan, setidaknya mahasiswa sudah berani menunjukkan kreativitas mereka diluar lingkungan Umsida. Yang secara tidak langsung membuat nama PG-PAUD Umsida dikenal masyarakat. (Real)